Program Roots sebagai Agen Perubahan menuju SMAN 1 KARANGTENGAH DEMAK NO BULLYING..PRESTASI YES…!

Diposting pada: 2021-09-19, oleh : Yunita, Kategori: Informasi Sekolah

Bullying atau Perundungan adalah tindakan yang dilakukan secara sengaja untuk menyakiti secara fisik, verbal, dan psikologis oleh seseorang terhadap seseorang yang merasa tidak berdaya. Salah satu ciri khas perundungan atau bullying adalah ketidakseimbangan kekuatan yang dimiliki pelaku dan korban perundungan.

Bentuk dan Modus Bullying:
1. Fisik (tendangan, pukulan, jambakan, tinju, tamparan, lempar benda, meludahi, mencubit, merusak, membotaki, mengeroyok, menelanjangi, push up berlebihan, menjemur, mencuci WC, lari keliling lapangan yang berlebihan/ tidak mengetahui kondisi siswa, menyundut rokok, dll).
2. Verbal (mencaci maki, mengejek, memberi label/ julukan jelek, mencela, memanggil dengan nama bapaknya, mengumpat, memarahi, meledek, mengancam, dll).
3. Psikis (pelecehan seksual, memfitnah, menyingkirkan, mengucilkan, mendiamkan, mencibir, penghinaan, menyebarkan gosip).

4.Cyberbullying(perundungan dunia maya) adalah bullying/perundungan dengan menggunakan teknologi digital. Contoh Menyebarkan kebohongan tentang seseorang atau memposting foto memalukan tentang seseorang di media sosial.

Perundungan atau  bullying  bisa berdampak dan membuat korban  – Depresi,Rendahnya kepercayaan diri / minder, Pemalu dan penyendiri,,Merosotnya prestasi akademik, Merasa terisolasi dalam pergaulan dan bahkan  Terpikir  mencoba untuk bunuh diri. Karena dampaknya yang begitu hebat maka SMAN 1 Karangtengah mendeklarasikan sekolah damai,sekolah anti perundungan dan stop bullying. Yang di sosialisasikan pada jumat,17 September 2021 yang dihadiri oleh semua warga sekolah didukung bapak camat karangtengah,polsek,danramil dan dibuka oleh bapak Drs.Sunoto,M.M selaku kepala cabang dinas Pendidikan Wilayah II.

Melihat besarnya dampak dari bullying kita sebagai guru maupun orang tua harusnya senantiasa mengawasi dan memantau anak kita dan kegiatannya baik di dunia nyata maupun dunia maya. Agar anak kita bisa lebih terarah dalam memilih keputusan mana yang baik dan mana yang akan berdampak buruk bagi masa depannya kelak.

Program Roots merupakan program  global pencegahan kekerasan dikalangan teman sebaya,yang berfokus pada upaya membangun iklim yang nyaman dan aman di Sekolah.Program Roots bertujuan menciptakan agen perubahan yang nantinya akan memiliki pengaruh bagi teman sebaya untuk memberikan contoh agar berperilaku baik,dan menebarkan kebaikan.Para agen Perubahan ini dipilih secara polling dari seluruh siswa SMAN 1 Karangtengah dan  terpilih 30 siswa dari UNICEF,Semoga 30 siswa yang terpilih sebagai agen Perubahan ini bisa  menyebarkan virus kebaikan dan manfaat kepada teman lainnya dan mengajak temanteman untuk tidak melakukan perundungan. Program Roots ini diprioritaskan untuk sekolah penggerak .SMAN 1 Karangtengah merupakan pionir sekolah penggerak yang  bersih dari perundungan dan menjadi sekolah yang terbaik dan ramah bagi siswa..


Print BeritaPrint PDFPDF

Berita Lainnya



Tinggalkan Komentar


Nama *
Email * Tidak akan diterbitkan
Url  masukkan tanpa Http:// contoh :www.m-edukasi.web.id
Komentar *
security image
 Masukkan kode diatas
 

Ada 0 komentar untuk berita ini

Forum Multimedia Edukasi  www.formulasi.or.id